Membuat Sambal Terasi Segar

By -

Indonesia dikenal dengan beragam jenis sambal. Sambal menjadi teman makan yang umum di masyarakat Indonesia. Sambal terasi bisa disajikan sebagai pendukung lauk dan sayuran. Makanan jenis ini memang lebih tepat jika disantap pada makan siang. Sambal terasi baiknya tidak dikonsumsi saat sarapan agar tidak menaikkan asam lambung. Beberapa sayuran dan lauk yang cocok disandingkan dengan sambal terasi, seperti sayur asam, tempe bacem, tempe goreng dan sayur bening.

[Baca Juga: Resep Sayur Asam Segar]

Membuat sambal Terasi tidaklah sulit. Cukup dibutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk membuat sajian pendukung makanan ini. Tingkat kepedasan sambal ini sangat tergantung selera. Ada beberapa orang yang suka dengan sambal yang sangat pedas, ada pula yang hanya menyukai sambal yang sedang atau tidak terlalu pedas.

Resep Sambal Terasi Goreng

Bahan Baku 

  1. 8 buah cabe rawit atau bisa diganti dengan cabe merah
  2. 3 Siung bawang merah
  3. 3 siung bawang putih
  4. 1 buah tomat besar, bisa ditambahkan apabila suka
  5. Terasi secukupnya;
  6. garam
  7. gula merah/aren secukupnya
  8. minyak

Cara Memasak 

  1. Kupas bawang, potonglah toma menjadi 3 bagian. Lalu gorenglah bersama dengan cabe yang telah dibuang tangkainya. Goreng sampai bawang dan cabe kecokelatan. Jangan Terlalu kering. Tomat digoreng sampai kecokeklatan dan lebih lembut.
  2. Goreng atau bakar terasi. Pilihan ini disesuaikan dengan selera. Pilihan ini sedikit membedakan rasa dan aroma.
  3.  Uleglah bahan-bahan tersebut menjadi satu. Masukkan terasi yang sudah dipanggangga/digoreng. Masukkan gula dan garam secukupnya.
  4. Sajikan sambal terasi bersama makanan lain. Pada prinsipnya sambal adalah makanan pendukung.

[Baca Juga: Resep Tempe Bacem]

Ibu Rumah Tangga. Hobi Masak dan menjadi kontributor khusus soal makanan di Ensiklo.com Saya ada di https://plus.google.com/u/0/111268843397590937838

2 Comments to Membuat Sambal Terasi Segar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>