Resep Ayam Bakar Kecap Spesial

By -

Resep Ayam Bakar tidaklah sulit untuk dipraktikkan di dapur sendiri. Meski banyak tersedia warung yang menjajakan ayam bakar, tidak ada salahnya mencoba sendiri resep ini di dapur sendiri. Ayam bakar menjadi salah satu olahan daging ayam yang cukup dikenal di Indonesia. Ayam bakar tidak saja menjadi salah satu pilihan di meja makan, tapi juga sering menjadi sajian dalam nasi kotak untuk kegiatan tertentu.

Ayam bakar bisa dijadikan lauk teman santap nasi bersama sayuran lain. Di gerai atau warung makan, pasangan utama ayam bakar adalah lalapan. Meski demikian, ayam bakar bisa disajikan bersama dengan makanan lainnya. Ayam bakar di Indonesia pun beragam. Corak rasa menjadi salah satu yang membedakan. Ayam bakar dari Sumatera akan menyajikan rasa pedas dan gurih yang dominan. Ayam bakar dari Jawa akan didominasi rasa manis dan gurih.

Resep Ayam Bakar Kecap  

Bahan Dasar

  1. 1 ekor ayam, dipotong menjadi 4 atau 8 bagian
  2. 2 biji jeruk nipis, diperas
  3. garam, secukupnya
  4. 2 batang serai, digeprek untuk memunculkan aroma
  5. 6 lembar daun jeruk
  6. 3 cm laos atau lengkuas
  7. 4 lembar daun salam segar
  8. Kecap manis, secukupnya
  9. air asam jawa, secukupnya
  10. minyak goreng secukupnya
  11. 500 ml air
  12. air kelapa dari 1 butir

Bumbu Halus

  1. 6 siung bawang putih
  2. 10 butir bawang merah
  3. 5 butir kemiri
  4. 1/4 sdt jinten
  5. 5 cm kunyit
  6. 4 cm jahe
  7. garam, secukupnya

Cara Memasak Ayam Panggang 

  1. Potong ayam menjadi 4 bagian. Sesuai dengan selera, anda dapat memotong ayam menjadi 8 bagian. Rendam ayam dengan menggunakan perasan air jeruk dan garam selama 15 menit. Angkat dan tiriskan.
  2. Tumislah semua bumbu halus, sampai harum. Jangan lupa tambahkan beberapa bumbu pada bahan dasar, seperti kecap, serai, daun salam, daun jeruk dan laos. Ketika bumbu sudah mulai harum, masukkan air asam jawa dan air kelapa. Tambahkan air sedikit, lalu rebuslah ayam sampai daging lembut dan matang. Angkat dan tiriskan ayam untuk mengurangi kadar air.
  3. Bakarlah ayam di atas bara api. Bakar sampai berwarna kecokelatan. Jika suka, lemuri dengan kecap selama pemanggangan. Sajikan ketika ayam sudah berwarna kecokelatan.

Ibu Rumah Tangga. Hobi Masak dan menjadi kontributor khusus soal makanan di Ensiklo.com Saya ada di https://plus.google.com/u/0/111268843397590937838

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>