Resep Dadar Jagung Manis

By -

Jagung menjadi salah satu alternatif karbohidrat bagi tubuh. Di Indonesia, bahan sumber karbohidrat ini juga digunakan sebagai lauk teman nasi. Jagung bisa diolah menjadi beragam jenis makanan, mulai dari makanan pokok sampai makanan pelengkap. Indonesia juga mengenal nasi jagung yang disebut “ampok” di beberapa daerah. Nasi jagung digunakan sebagai alternatif sumber karbohidrat yang memiliki kalori lebih rendah dibandingkan dengan beras putih.

Resep Dadar Jagung sangat mudah dipraktikkan. Memasak dadar jagung bisa dilakukan cukup 30 menit. Makanan ini tepat jika disajikan bersama dengan sayur bening, sup atau sayur asam. Sambal terasi bisa menjadi pelengkap lain yang tak kalah favorit.

[Baca Juga: Resep Sayur Asam Segar]

Resep Dadar Jagung 

Bahan Dasar

  1. 5 biji jagung manis yang masih mudah.
  2. 2 butir telur
  3. tepung terigu (jika dibutuhkan)

Bumbu Dadar Jagung 

  1. 3 siung bawang putih
  2. 5 biji bawang merah
  3. 2 cm temu kunci. Jika tidak ada dapat diganti dengan kencur
  4. 1 sdt ketumbar;
  5. garam, secukupnya
  6. gula putih, secukupnya
  7. Daun Seledri, diiris kecil
  8. Minyak Goreng

Cara Membuat Dadar Jagung 

  1. Sisirlah jagung, lalu haluskan. Penghalusan dapat dilakukan menggunakan blender atau dengan ulegan biasa. Jika anda ingin lebih memiliki terkstur, maka sebaiknya tidak menggunakan blender. Jika terpaksa menggunakan blender, pastikan penghalusan membuat jagung terlalu haluas.
  2. Haluskan bumbu-bumbu menjadi satu kecuali daun seledri. Campurkan jagung yang sudah dihaluskan dengan bumbu halus. Tambahkan 2 butir telur lalu aduk rata. Masukkan daun seledri sebagai penyedap saja.
  3. Jika dibutuhkan, anda dapat menambahkan tepung secukupnya. Jika anda ingn dadar lebih halus, maka anda tidak perlu menambahkan tepung. Namn, berhati-hatilah saat menggoreng agar tidak pecah. Pastikan satu sisi kering sebelum dibalik.
  4. Panaskan minyak secukupnya untuk menggoreng. Masukkan adonan ke dalam minyak padas menggunakan sendok. Ukuran dadar sangat tergantung pada selera. Masak dalam api kecil agar tidak gosong. Bahan jagung akan cokelat jika terlambat dianggkat/dibalik. Goreng sampai agak kering, tiriskan lalu sajikan.

Ibu Rumah Tangga. Hobi Masak dan menjadi kontributor khusus soal makanan di Ensiklo.com Saya ada di https://plus.google.com/u/0/111268843397590937838

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>