Resep Masakan Nasi Uduk

By -

Nasi Uduk adalah salah satu menu sarapan pagi yang cukup dikenal. Makanan sederhanan ini dapat ditemui dijual di pelbagai tempat sebagai menu sarapan. Di warung pecel lele khas lamongan, nasi uduk juga menjadi salah satu pilihan alternatif selain nasi putih biasa. Nasi uduk kerap juga dikenal dengan sebutan nasi gurih. Berbeda dengan nasi biasa, nasi uduk dengan bumbu tertentu sudah memiliki citarasa.

Resep nasi uduk sudah dikenal luas sebagai slaah satu makanan khas Indonesia. Nasi uduk bukan saja menjadi alternatif nasi putih biasa, tetapi juga menjadi salah saut suguhan dalam pelbagai perayaan atau peringatan. Masyarakat Jawa menggunakan nasi uduk sebagai salah satu sajian dalam jamuan syukuran.

Memasak nasi uduk tentu berbeda dengan nasi biasa. Tentu saja akan memakan waktu lebih banyak saat memasak jenis olahan nasi ini. Tetapi, makanan ini akan menjadi salah satu pilihan tepat dalam penyajian nasi sebagai sumber karbohidrat.

Resep Nasi Uduk 

Bahan Baku Nasi Uduk 

  1. 3 cangkir beras putih,
  2. 2 lembar daun salam segar dicuci bersih,
  3. 2 batang sereh dicuci bersih
  4. 1 sdt garam halus
  5. 200 ml santan kental dari 1 butir kelapa. Santan dapat diganti dengan santan kotak, namun sangat disarankan untuk menggunakan santan asli.  

Penyedap Nasi Uduk 

Nasi uduk sangat cocok untuk disantap bersama beberapa jenis makanan penunjang, seperti sambal goreng teri, bawang goreng dan telur dadar.

Cara Masak Nasi Uduk 

Cucilah beras sampai bersih. Masukkan ke dalam pemasak nasi (rice cooker) atau magic jar yang dapat digunakan untuk memasak nasi. Tambahkan santan kental dan air secukupnya ke dalam beras. Campurkan sereh, garam dan daun salam. Aduklah hingga garam dan santan merata. Aduk-aduk selama beberapa saat ketika air mulai panas.

Nyalakan pemasak nasi. Saat nasi sudah 1/4 matang, aduklah. Pengadukan ini dilakukan supaya nasi pulen dan merata. Tutup kembali lalu biarkan nasi matang.

Hidangkan nasi uduk bersama dengan sajian pendukung, seperti sambal goreng teri, telur dadar, ayam goreng. Jangan lupa taburan bawang goreng untuk mempercatik dan memperkuat aroma nasi uduk.

Ibu Rumah Tangga. Hobi Masak dan menjadi kontributor khusus soal makanan di Ensiklo.com Saya ada di https://plus.google.com/u/0/111268843397590937838

1 Comment to Resep Masakan Nasi Uduk

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>