Resep Nasi Kuning untuk Tumpeng

By -

Nasi kuning adalah salah satu bentuk sajian berbahan dasar nasi. Di Indonesia, nasi bisa disajikan dalam beberapa resep dan sajian berbeda, seperti nasi uduk, nasi kuning dan nasi gandul. Kesemua jenis olahan nasi ini memiliki kekhasan masing-masing. Selain identik dengan rasa yang khas, beberapa jenis nasi identik dengan prosesi adat atau budaya tertentu.

Resep nasi kuning cukup melegenda. Kini nyaris tidak ada batasan bahwa penggunaan nasi ini sebagai bagian dari ritual kebudayaan di daerah tertentu. Nasi kuning kerap dimunculkan dalam bentuk yang rapi: tumpeng. Tumpeng dikenal sebagai sajian penting dalam beberapa perayaan, seperti ulang tahun, peresmian atau peringatan tertentu.

Memasak nasi kuning tentu berbeda dengan memasak nasi biasa. Nasi kuning membutuhkan proses yang lebih kompleks dan lama. Meski demikian, citarasa akan membayar kelelahan memasak tersebut. Berikut ini adalah cara memasak nasi kuning berikut resep spesialnya.

Bahan Baku Nasi Kuning 

  • 1 liter beras
  • 3 atau 4 lembar daun salam
  • 1 Batang serai (digeprek)
  • air secukupnya
  • 500 ml liter santan kental

Bumbu Halus Nasi Kuning 

  • 2 atau secukupnya ruas jari kunyit (disaring ambil airnya)
  • 2 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • garam secukupnya

Cara Memasak Nasi Kuning 

  1. Cuci beras sampai bersih, juga bahan-bahan pendukung lain.
  2. Masukkan beras ke dalam pemasak nasi (rice cooker), campurkan pula air dan bumbu halus.
  3. Masukkan daun salam dan serai yang sudah digeprek ke dalam rice cooker. Jika me

 

  1. Cuci beras sampai bersih dan cuci bahan-bahan sampai bersih
  2. Masukkan beras yang sudah dicuci bersih tadi ke dalam rice cooker, tambahkan air dan bumbu yang sudah dihaluskan. Tambahkan santan ketika nasi sudah mulai mengembang. Tambahkan garam dan penyedap (jika dibutuhkan).
  3. Masukan juga daun salam dan serai serta beri penyedap rasa sesuai selera. Aduk sampai bumbu tercampur rata dengan air dan beras.
  4. Tunggu nasi hingga matang.

Ibu Rumah Tangga. Hobi Masak dan menjadi kontributor khusus soal makanan di Ensiklo.com Saya ada di https://plus.google.com/u/0/111268843397590937838

1 Comment to Resep Nasi Kuning untuk Tumpeng

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>