Resep Sambal Goreng Kentang-Hati Kering

By -

Sambal goreng hati menjadi salah satu menu pelengkap makan di Indonesia. Hati — dan jeroan lain– di Indonesia masih tetap dikonsumsi. Masyarakat di beberapa negara lain sudah meninggalkan konsumsi bagian dalam hewan potong ini, baik ayam maupun kambing dan sapi. Jeroan memang memiliki citarasa yang unik. Bagi pengidap asam urat, ada baiknya  mengindari jenis bahan makanan ini.

[Baca rincian: Mengenal Penyakit Asam Urat]

Resep sambal goreng hati menjadi salah satu makanan favorit yang biasanya dikaitkan pula dengan perayaan. Lebaran biasanya turut dihiasi makanan ini sebagai pelengkap lontong, ketupat dan opor ayam. Lauk pauk jenis ini pun nikmati disajikan sebagai lauk pada hari-hari biasa. Umumnya campuran pokok sambal goreng hati adalah kentang dan petai.

Terdapat dua model memasak sambal goreng hati, yaitu basah dan kering. Sambal goreng hati yang basah akan dimasak dengan juga menyertakan santan sebagai bahan baku. Sementara, sambal goreng hati kering tidak menggunakan bahan santan dan lebih dominan pada sambal.

Resep Sambal Goreng Hati Kentang Kering 

Bahan Dasar

  1. 10 buah hati  ayam, rebus lalu potong kotak-kotak (dadu) kecil
  2. 10 buah ampela ayam, rebus lalu potong kotak-kotak (dadu) kecil
  3. 3 Buah kentang ukuran sedang, potong berbentuk dadu kecil. Goreng kentang lalu tiriskan. TIngkat kekerangan kentang sesuai dengan selera.
  4. 1 sisir petai

Bumbu Sambal

  1. 10 cabai merah (sesuai selera tingkat kepedasan dapat ditambah atau dikurangi)
  2. 4 siung bawang putih
  3. 5 butir bawang merah
  4. Tomat besar 1
  5. garam, secukupnya
  6. gula sebagai penyedap, secukupnya

Cara Memasak Sambal Goreng 

  1. Iris 1 siung bawang putih, dan dua butir bawang merah. Irisan yang dibutuhkan adalah irisan kasar.
  2. Haluskan bumbu sisa, seperti bawang putih, bawang merah dan cabe. Potong tomat dalam bentuk dadu kecil-kecil.
  3. Panaskan minyak secukupnya untuk menumis. Masukkan bawang merah dan bawang putih yang sudah diiris. Biarkan sampai wangi. Campurkan bumbu halus ke dalam minyak dan susulkan tomat yang dipotong dadu saat aroma sudah wangi. Menunggu aroma wangi bumbu muncul penting untuk menghilangkan aroma langu dari cabe.
  4. Masukkan petai, biarkan sebentar. Tambahkan gula dan garam. Campurkan kentang goreng dan hati yang sudah dimasak sebelumnya. Aduk hingga rata dan biarkan sebentar hinga bumbu resap.
  5. Angkat dan sajikan.

Ibu Rumah Tangga. Hobi Masak dan menjadi kontributor khusus soal makanan di Ensiklo.com Saya ada di https://plus.google.com/u/0/111268843397590937838

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>