Resep Sambal Goreng Teri (Bilis) Petai

By -

Petai merupakan makanan unik ynag cukup digemari di Indonesia. Aromanya mungkin berbeda dengan jengkol, tetapi aroma tersebut memberikan sensasi tersendiri bagi penikmatnya. Petai dapat disuguhkan mentah sebagai lalapan, dioreng sebagai lauk atau dijadikan bumbu pelengkap pada masakan, terutama masakan yang berbahan baku santan.

Bilis merupakan salah satu jenis ikan olahan. Di Malaysia bilis digunakan untuk menunjuk segala macam jenis teri. Di Indonesia, istilah ikan bilis digunakan untuk menyebutkan jenis teri yang berukuran lebih besar. Bagaimana jika petai dan ikan bilis disatukan dalam masakan?

Resep Sambal Goreng Petai Ikan bilis adalah salah satu cara pengolahan kedua bahan tersebut menjadi satu. Sambal goreng memang salah satu cara memasak yang umum pada masyarakat Indonesia. Makanan yang disajikan dalam bentuk kering ini kerap menjadi bagian dari lauk untuk makan.

Resep Sambal Goreng Petai Ikan Bilis

Bahan Utama Sambal Goreng

  1. 250 gram ikan bilis
  2. 2 sisir petai, dikeluarkan utuh atau dibelah dua

Bumbu Sambal Goreng

  1. 4 siung bawang putih
  2. 7 butir bawang merah
  3. 8-10 buah cabai merah keriting
  4. 1 sendok teh terasi, dibakar
  5. Garam secukupnya,
  6. gula sebagai penyedap, secukupnya
  7. minyak untuk menggoreng, secukupnya

Cara Memasak Sambal Goreng 

  1. Bersihkan dan cuci ikan bilis, lalu tiriskan. Gorenglah ikan bilis sampai setengah kering. Lalu tiriskan agar minyak keluar.
  2. Kupaslah petai. Petai yang sudah dikupas dapat disajikan utuh atau dibelah menjadi dua. Ini tergantung pada selera masing-masing;
  3. Irislah 2 butir bawang merah dan 2 siung bawang putih. Kedua jenis bawang selebihnya dapat dihaluskan bersama dengan bumbu lain.
  4. Haluskan bumbu-bumbu menjadi satu. Penggunaan garam sebagai bagian dari proses penghalusan bumbu perlu diingat agar tidak menimbulkan masakan yang asin berlebihan.
  5. Panaskan minyak goreng secukupnya. Masukkan bawang yang telah diiris tipis atau dirajang. Tunggu sampai aroma wangi keluar. Masukkan bumbu halus ketika aroma bawang sudah muncul. Tambahkan petai ke dalam bumbu. Biarkan sampai aroma petai keluar. Gunakan api kecil agar tidak gosong.
  6. Tambahkan garam dan gula ke dalam bumbu. Terkahir, masukkan ikan bilis yang telah digoreng. Aduk rata da tunggu sampai bumbu resap. Sajikan bersama dengan nasi atau sayuran lain.

 

Ibu Rumah Tangga. Hobi Masak dan menjadi kontributor khusus soal makanan di Ensiklo.com Saya ada di https://plus.google.com/u/0/111268843397590937838

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>