Resep Sate Madura

By -

Madura merupakan pulau yang cukup terkenal. Pulang ini tidak semata dikenal dengan pelbagai  tradisi masyarakatnya, seperti karapan sapi, tadisi tidur di atas pasir di beberapa wilayah, dll. Madura tetapi juga oleh beberapa makanan khas, seperti soto dan sate. Sate madura mungkin cukup dikenal dengan banyaknya pedagang sate keliling yang menjajakan sate menggunakan gerobak atau dengan menjunjung pelaratan dan bahan sate.

Resep sate madura tidaklah sulit untuk dipraktekkan sendiri. Prinsipnya, pengolahan terbagi menjadi dua, yaitu pengolahan daging dan penyiapan bumbu. Keduanya dapat dilakukan dengan mudah. Berikut ini adalah cara pengolahan daging ayam untuk sate madura.

Resep Sate Madura

Bahan Dasar Sate Madura

  1. 1/2 kg daging ayam kampung
  2. 2 Jeruk limau diperas
  3. Kecap Manis
  4. Garam secukupnya

Bahan Minyak Ayam

  1. Minyak goreng secukupnya
  2. 5 siung bawang putih diiris
  3. 1 sdt ketumbar

Bahan Bumbu Sate Madura

  1. Cabe merah sesuai selesa
  2. Minyak goreng
  3. 4 butir bawang merah
  4. 2 siung bawang putih
  5. air secukupnya
  6. 150 gram Kacang Tanah

Cara Masak Sate Madura

  1. Potong dadu daging ayam, lalu campur dengan bumbu kecap, kecap manis, garam dan perasan air jeruk limau. Rendam beberapa saat agar bumbu resap. Tusuklah daging menggunakan tusuk sate berbahan bambu.
  2. Buatlah minyak ayam untuk polesan daging sebelum dibakar. Campur minyak dengan bawang putih (irisan) dan ketumbar yang sudah dihaluskan. Masak dengan api kecil sampai bawang menguning dan aroma keluar. Ambil minyak, oleskan pada daging sate.
  3. Bakar sate sampai matang cukup.
  4. Sajikan sate dengan bumbu sate. Membuat bumbu sate dapat dilakukan dengan menghaluskan bumbu-bumbu. Tumislah bumbu halus sedikit minyak, lalu tambahkan kacang goreng yang sudah dihaluskan. Tambahkan air dan aduk sampai mengental. Tambahkan gula merah atau kecap jika suka. Setelah mengental dan matang, angkat dan balurkan pada sate. Sate Madura Enak disajikan dalam keadaan panas.

Ibu Rumah Tangga. Hobi Masak dan menjadi kontributor khusus soal makanan di Ensiklo.com Saya ada di https://plus.google.com/u/0/111268843397590937838

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>