Resep Sop Sayur Sederhana

By -

Sop adalah jenis makanan yang cukup dikenali di Indonesia. Jenis makanan ini menjadi salah satu pelengkap untuk menyantap nasi. Sop identik dengan sayur-sayur yang sudah dikenali umum, seperti wortel, kentang dan kembang kol. Sup juga kemudian diidentikkan dengan beberapa jenis daging, maka muncullah beberapa jenis sop, seperti sop ayam, sop kaki sapi, sop buntut. Variasi sop memang terkadang berbeda satu dengan lainnya. Namun, rasa dasar makanan ini umumnya memiliki kesamaan.

Resep Sop sangat mudah untuk dipraktekkan di ruang dapur masing-masing. Makanan ini selain mengandung jenis-jenis sayur yang tidak terlalu susah ditemukan, makanan ini juga  mudah dan cepat bisa disajikan. Sop pada prinsipnya tidak melulu harus mengandung daging. Kehadiran daging sebagai pelengkap rasa dengan kekuatan aroma dan rasa kaldu akan memperkuat rasa pada jenis masakan ini.

Resep Sop Sayur Sederhana

Bahan Dasar 

  1. 2 buah kentang dipotong kotak atau sesuai selera
  2. 2 lembar daun kol, dipotong dengan ukuran sesuai selera
  3. 2 buah wortel dipotong bulat
  4. 60 gram buncis (atau baby buncis) dipotong seukuran ruas jari
  5. 1 batang daun seledri segar
  6. 1 batang daun bawang
  7. 1000 ml air untuk merebus dan kuah
  8. garam secukupnya
  9. gula secukupnya sebagai penyedap
  10. Kaldu sapi (bisa yang instan blok)
  11. Penyedap rasa (sesuai selera, tapi sebaiknya tidak)
  12. Minyak sayur untuk menumis.
  13. Bawang Goreng secukupnya

Bumbu halus sop

  1. 3 siung bawang putih
  2. 4 buah bawang merah
  3. merica secukupnya

Cara Membuat Sop

  1. Buatlah bumbu halus. Bawang putih dan bawang merah disangrai dalam keadaan utuh sampai layu. Gilinglah bersama garam dan merica.
  2. Didihkan air, lalu masukkan kaldu. Jika tidak menggunakan kaldu blok, masukkan sayur dari jenis yang paling lama matang, yaitu wortel dan kentang. Saat kentang hampir matang, masukkan buncis dan kembang kol. Lalu masukkan bumbu halus ke dalam rebusan sayur.
  3. Setelah sayur matang, masukkan daun bawang dan seledri. Beri garam dan gula sesuai dengan selera. Gula berfungsi sebagai salah satu penyedap. Tanpa penyedap rasa, gula dapat memberikan efek sedap pada masakan.
  4. Setelah matang, taburkan bawang goreng di atas sop. Sajikan dalam keadaan hangat.

 

Ibu Rumah Tangga. Hobi Masak dan menjadi kontributor khusus soal makanan di Ensiklo.com Saya ada di https://plus.google.com/u/0/111268843397590937838

1 Comment to Resep Sop Sayur Sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>