Resep Soto Ayam Lamongan

By -

Indonesia dikenal dengan ragam jenis masakan. Satu jenis masakan terkadang masih memiliki beragam turunan atau jenis, seperti soto. Selain dibagi berdasarkan bahan, seperti soto ayam dan soto sapi, soto juga identik dengan lokasi asalnya. Cotto Makasar, Soto Lamongan, Soto Surabaya, Soto Banjar adalah deret beberapa jenis soto berdasarkan wilayah. Biasanya, masing-masing soto memiliki ciri khas masing-masing. Ciri khas sangat terkait dengan kebiasaan dan selera masyarakat yang beragam pula.

Soto Lamongan menjadi salah satu soto yang cukup dikenal. Koyah menjadi salah satu daya tawar yang membuat soto jenis ini berbeda dengan soto lainnya. Resep soto Lamongan, pada prinsipnya mudah diterapkan atau diibuat sendiri di dapur rumah. Masakan ini mudah untuk dibuat dan dapat dinikmati pada sajian makan keluarga. Soto memang cocok untuk dimakan hampir pada segala waktu. Makan siang, malam dan saran semuanya cocok sebagai waktu santap soto.

Resep Soto Ayam Lamongan 

Bahan Dasar Soto 

  1. 1/2 ekor ayam kampung, bagi menjadi dua bagian
  2. 1500 ml air
  3. 7 lembar daun jeruk, bersihkan dan hilangkan tulang daunnya
  4. 3 batang serai, dimemarkan
  5. gula pasir secukupnya
  6. merica bubuk, secukupna
  7. garam, secukupnya
  8. minyak goreng untuk menumis dan menggoreng, secukupnya
  9. Daun bawang, secukupnya
  10. Seledri, secukupnya
  11. Bawang Goreng, secukupnya
  12. Mie Soun secukupnya, disiram air panas

Bumbu Halus Soto 

  1. 6 siung bawang putih
  2. 2 atau 3 cm jahe
  3. 4 butir kemiri, disangrai sampai wangi
  4. 4 cm kunyit,  dibakar sampai wangi
  5. 10 butir bawang merah

Cara Membuat Koyah

Koyah berasal dari kerupuk udang. Gorenglah kerupuk udang sampai matang. Setelah ditiriskan agar minyak berkurang, gilinglah halus kerupuk udang tersebut. Gunakan sebagai sajian taburan untuk soto. Koyah akan membuat soto lebih kental.

Cara Memasak Soto Lamongan 

  1. Rebuslah ayam yang sudah dipotong sampai matang. Air rebusan akan digunakan sebagai bahan kuah (kaldu)
  2. Haluskan bumbu-bumbu yang masuk dalam kategori bumbu halus, turut campurkan pula serai yang sudah digeprek dan daun jeruk. Tumislah bumbu tersebut hingga mengeluarkan aroma harum. Campurkan bumbu yang telah ditumis tersebut ke dalam air rebusan ayam.
  3. Campurkan merica bubuk, garam dan gula ke dalam kuah yang sudah diberi bumbu halus. Masak sampai matang.
  4. Gorenglah ayam yang sudah direbus tadi.
  5. Sajikan ayam dalam bentuk suwiran bersama dengan soun yang sudah direndam air panas. Taburkan irisan daun seledri, daun bawang dan bawang goreng saat menyajikan. Selain itu, tambahkan koyah ke dalam mangkuk soto. Beri irisan telur apabila suka.

Ibu Rumah Tangga. Hobi Masak dan menjadi kontributor khusus soal makanan di Ensiklo.com Saya ada di https://plus.google.com/u/0/111268843397590937838

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>