Resep Ayam Bakar Spesial

By -

Resep Ayam Bakar —  Ayam dapat diolah menjadi beragam jenis makanan, mulai dari lauk pauk pokok pelengkap makan nasi sampai kue dan roti. Ayam bisa juga dimasak mulai dari makanan yang kering sampai makanan berkuah. Ayam sebagai bahan baku makanan, pada dasarnya, dapat diolah menjadi beragam jenis makanan sesuai dengan kebutuhan keluarga atau juru masak.

[Baca Juga: Resep Opor ayam]

Ayam bakar menjadi salah satu cara mengolah ayam. Terdapat beragam jenis ayam bakar. Masing-masing daerah memiliki keunikan masing-masing  untuk menyajikan ayam dalam bentuk ayam bakar. Di Padang ayam bakar akan disajikan dengan rasa gurih yang menonjol. Balutan bumbu berwarna kuning menjadi ciri khasnya. Di beberapa daerah lain, ayam bakar identik dengan rasa manis yang ditimbulkan oleh kecap manis yang digunakan sebagai bumbu. Resep kali ini akan menyajikan ayam bakar bumbu kecap yang bisa disajikan di tengah keluarga.

Resep Ayam Bakar Kecap

Bahan Dasar Ayam Bakar

  1. 1 ekor ayam kampung, dipotong menjadi 4 atau 6 bagian. Besar ukuran ini tergantung pada selera masing-masing.
  2. air kelapa dari 2 kelapa;
  3. perasan air jeruk nipis dari 4 buah jeruk
  4. Mentega (untuk olesan)

Bumbu Halus Ayam Bakar

  • 6 butir kemiri, disangrai dengan minyak sedikit
  • 6 siung bawang putih
  • 8 buah bawang merah
  • jinten, secukupnya
  • 1 sdt ketumbar
  • 4 cm jahe
  • 5 cm kunyit
  • Garam secukupnya
  • 5 buah cabai merah (opsional)

Bumbu Pelengkap Ayam Bakar

  1. 1/2 gelas belimbing air asam jawa
  2. 2 batang sereh, digeprek
  3. 5 cm lengkuas atau laos juga digeprek
  4. 5 lembar daun salam
  5. 3 lembar daun jeruk, dibersihkan dan dibuang tulang daunnya
  6. gula merah secukupnya
  7. 6 sdt kecap manis

Cara Memasak Ayam Bakar

  1. Bersihkan ayam dan potong-potonglah dengan ukuran sesuai selera. Baluri ayam dengan air jeruk nipis dan garam, lalu tiriskan.
  2. Haluskan bumbu yang termasuk dalam kategori bumbu halus. Beri sedikit garam untuk memudahkan proses penghalusan bumbu. Sangat dianjurkan penghalusan bumbu dilakukan secara manual dibandingkan dengan menggunakan blender.
  3. Tumislah bumbu halus, lalu masukkan satu persatu bumbu pelengkap. Masukkan ayam ke dalam bumbu yang sedang ditumis, lalu tambahkan air kelapa. Masukkan gula merah, kecap dan garam ke dalam ayam dan bumbunya. Masak sampai ayam matang, lalu angkat dan tiriskan.
  4. Bakarlah ayam dengan bara api dengan terlbih dahulu mengoleskan mentega pada ayam. Bakar dan bolak-baliklah secara teratur agar merata. Mengingat ada kandungan gula pada ayam yang bersumber dari kecap atau gula merah, maka ayam akan cepat berubah warna menjadi cokelat. Pastikan anda membalik dengan merata.
  5. Bakarlah ayam sampai air berkurang. Sajikan dengan lalapan dan sambal sesuai selera.

Ibu Rumah Tangga. Hobi Masak dan menjadi kontributor khusus soal makanan di Ensiklo.com Saya ada di https://plus.google.com/u/0/111268843397590937838

1 Comment to Resep Ayam Bakar Spesial

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>