Resep Bandeng Bakar Spesial

By -

Bandeng adalah salah satu ikan khas Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Bandeng masih satu rumpun dengan ikan payau yang cukup terkenal: Belanak. Ikan ini identik dengan tambak dan makanan berupa Bandeng Presto. Meski demikian, Bandeng juga dapat dimasak dengan beragam cara. Ikan ini memiliki daging yang gurih sehingga dapat disajikan dalam bentuk beragam makanan.

Bandeng Bakar adalah salah satu resep atau cara mengolah ikan ini. Bandeng dapat disajikan pula sebagai sayur dengan kuah segar asam, dipresto atau disajikan dengan digoreng biasa. Bandeng Presto pada prinsipnya adalah bandeng duri lunak. Menggunakan cara dipresto, tulang bandeng akan menjadi lunak dan mudah dinikmati.

Resep Bandeng Bakar

Bahan Dasar

  1. 2 ekor ikan bandeng berukuran sedang
  2. air perasan jeruk nipis secukupnya
  3. garam secukupnya
  4. minyak goreng

 

Bumbu Olesan 

  1. Kecap manis secukupnya
  2. Margarin secukupnya atau minyak goreng

Bumbu Halus

 

  1. 3 siung bawang putih
  2. 5 buah bawang merah
  3. 5 buah cabai merah,
  4. 5 buah cabai merah keriting
  5. 3 butir kemiri,
  6. garam secukupnya
  7. merica bubuk secukupnya

Cara Memasak Ikan Bandeng Bakar Spesial 

  1. Bersihkan ikan, lalu kerat bagian tubuhnya dan lumuri dengan garam dan air perasan jeruk nipis. Taburkan merica bubuk. Diamkan beberapa saat agar bumbu resap dan amis ikan hilang.
  2. Gorenglah bahan  bumbu halus, lalu haluskan. Baluri ikan dengan bumbu halus. Bakar ikan dengan bara api kecil sampai matang dan mengeluarkan aroma. Olesi dengan minyak goreng dan kecap selama ikan dibakar. Bolak-baliklah ikan secara teratur agar tidak gosong.
  3. Angkat saat ikan matang, sajikan sambal terasi.

Image

Ibu Rumah Tangga. Hobi Masak dan menjadi kontributor khusus soal makanan di Ensiklo.com Saya ada di https://plus.google.com/u/0/111268843397590937838

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>