Resep Brownies Kukus Spesial

By -

Resep Brownies Kukus — Brownies adalah salah satu varian kue olahan coklat. Makanan ini sekilas identik dengan bolu atau kue sejenisnya. Menonjolkan rasa coklat, makanan ini kini sudah cukup dikenal. Brownies dikenal dalam dua bentuk cara memasak, yaitu dengan dipanggang atau dikukus. Brownies panggang lebih kerang tentunya dibandingkan dengan makanan sejenis yang dikukus.

Brownies disebut-sebut sebagai salah satu jenis makanan yang diimpor alias berasal dari luar negeri. Kue ini lekat dengan cita rasa coklat yang kuat. Rasa cokelat mendominasi rasa kue ini secara umum. Brownies kukus dinilai sebagai salah satu jenis kembangan atau variasi brownies yang berkembang di Indonesia. Jenis kukus ini kini sangat dikenal, bahkan tak kalah dikenal dibandingkan dengan jenis kue sama yang dipanggang.

Resep Brownies Kukus

Bahan Dasar Brownies

  1. 300 gram gula pasir
  2. emulsifer, secukupnya
  3. 10 butir telur
  4. 250 gram tepung terigu
  5. 100 gram cokelat bubuk
  6. 0,5 kaleng susu kental manis (bisa putih, bisa cokelat)
  7. 200 ml minya sayur
  8. 225 ml air
  9. 200 gram dark cooking chocolate
  10. buah kenari atau kacang tanah, secukupnya. Jika gunakan kacang tanah, rajang kasar.
  11. 150 gram margarin

Cara Membuat Brownies Kukus

  1. Campurlah tepung terigu dengan cokelat. Ayak bersamaan lalu sisihkan.
  2. Campurkan bahan telur, susu kental manis, gula pasir,  emulsifer. Aduklah dengan putaran mixer sedang sampai berbuih dan mengembang. Campurkan tepung terigu yang sudah diayak dengan cokelat. Aduk terus menggunakan mixer selama tepung dicampurkan. Campurkan pula cooking chocolate. 
  3. Tambahkan air dan minyak sayur ke dalam adonan. Ratakan terus dengan putaran mixer kecil.
  4. Siapkan loyang dengan olesan margarin. Kukuslah dengan api kecil hingga matang.

Ibu Rumah Tangga. Hobi Masak dan menjadi kontributor khusus soal makanan di Ensiklo.com Saya ada di https://plus.google.com/u/0/111268843397590937838

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>