Resep Cumi Isi Kuah Santan Khas Padang

By -

Padang menjadi salah satu daerah yang dinela dengan kekayaan makanan atau kuliner. Makanan Padang tidak saja menjadi makanan lokal saat ini. Makanan ini kini sudah menjadi salah satu menu yang dikenal secara mendunia. Rendang adalah salah satu makanan yang cukup dikenal di dunia. Makanan padang dengan ciri khas kekuatan bumbu dan rempah kini pun mudah ditemui di pelbagai tempat. Tidak semua masakan pada rumit untuk dikerjakan sendiri di dapur, salah satunya adalah resep cumi isi bumbu santan kuning.

Resep cumi isi bumbu santan kuning mudah ditemui di pelbagai rumah makan Padang. Tetapi, mencoba sendiri membuat masakan ini di dapur Anda akan memberikan tantangan tersendiri. Anda dapat menyajikannya sebagai teman makan siang untuk menemani lauk atau sayuran lainnya. 

Resep Cumi Santan 

Bahan Dasar 

750 gram cumi, kupas dan cuci bersih
3 buah jeruk nipis, peras airnya 
garamsecukupnya  

Bumbu Halus:

  1. 5 butir bawang merah, pilih ukuran sedang
  2. 3 siung bawang putih
  3. 2 cm kunyit, dibakar sampai wangi
  4. 2 cm jahe, dibakar
  5. 4 buah cabai merah
  6. 2 buah cabai merah besar
  7. ebi secukupnya, diseduh, disangrai

Bahan Kuah:

  1. 500 ml santan kental 
  2. 2 cm lengkuas, digeprek
  3. 2 lembar daun salam segar 
  4. 1 batang serai ukuran sedang, dimemarkan
  5. cabai rawit merah, sesuai selera 
  6. garam, secukupnya 
  7. gula merah, secukupnya 
  8. air asam jawa, secukupnya 
  9. minyak goreng untuk menumis, secukupnya

Cara Memasak Cumi Kuah Santan Padang 

  1. Bersihkan cumi, kupas dan cuci bersih. Campurkan garam dan air jeruk nipis pada cumi. Gabungkanlah badan dan kepala cumi. Masukkan kepala cumi ke badannya dan tahan dengan biting. Biarkan beberapa saat agar hilang bau amisnya.
  2. Tumislah bumbu yang sudah dihaluskan. Panaskan minya goreng, lalu tumis bumbu halus sampai wangi. Masukkan lengkuas (laos), daun salam, cabe rawit, serai dan cabe merah. Biarkan sampai aroma wangi keluar dari bumbu.
  3. Masukkan cumi ke dalam bumbu dan biarkan sampai warna berubah. Panaskan dengan api kecil agar bumbu tidak gosong. Masukkan santan, gula merah, air asam jawa dan garam. Masaklah dengan api sedang sampai matang.

Ibu Rumah Tangga. Hobi Masak dan menjadi kontributor khusus soal makanan di Ensiklo.com Saya ada di https://plus.google.com/u/0/111268843397590937838

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>