Resep Donat Kentang Spesial

By -

Resep Donat Kentang — Donat (Donut) adalah salah satu panganan goreng yang cukup dikenal. Donut identik dengan rasa manis dan bentuknya yang menyerupai cincin: bulat dengan lubang di tengah. Donat sudah menjadi makanan yang cukup terkenal di Indonesia. Makanan jenis ini sudah diproduksi secara masal dengan pelbagai macam merek dagang yang berkelas lokal hingga internasional.

Bentuk donat pada prinsipnya tidaklah tunggal. Donat bisa dibentuk sesuai dengan selera pembuatnya. Memang keumuman donat dibentuk seperti cincin atau ban dalam. Namun kreasi bentuk dapat disesuaikan dengan selera.

Selain bentuk, kreasi donut juga terkait dengan rasa. Donat secara sederhana dapat diberi citarasa manis cukup dengan taburan gula. Pada prinsipnya, donut dapat dikombinasikan dengan rasa coklat, keju atau rasa manis beraroma lainnya. Berikut ini adalah cara memasak Donat berbahan baku kentang yang dikenal terasa lebih empuk.

Resep Donat Kentang 

  • 0,5 kg tepung terigu, pilihlah jenis tepung yang berprotein tinggi
  • 250 gram kentang, (cuci, kukus dan haluskan)
  • 80 gram mentega
  • 10 gram ragi instan
  • 150 gram susu bubuk
  • garam, secukupnya sebagai penyedap
  • 5 buah kuning telur
  • Gula pasir secukupnya;
  • 100 ml air dingin (es)

Cara Membuat Donat Kentang 

  1. Buatlah adonan dasar donat. Campurkan tepung, susu bubuk, gula dan ragi sampai merata. Aduk sampai adonan rata, lalu campurkan kuning telur, kentang yang telah dihaluskan. Campurkan air dingin secara perlahan, diaduk hingga merata. Pastikan adonan rata. Campurkan mentega dan garam ke dalam adonan, lalu aduk hingga kalis.
  2. Agar adonan mengembang proporsional, diamkan adonan selama 20-30 menit. Agar adonan tidak mengering, gunakan kain basah untuk menutupi adonan.
  3. Kempiskan adonan lalu bentuklah sesuai dengan selera. Bentuk donat tidak harus berbentuk cincin. Variasi bentuk dapat dibuat sesuai dengan selera. Setelah dibentuk, kembali diamkan adonan selama 30 menit.
  4. Goreng donat mentah sampai berubah warna kecokelatan dan matang. Angkat dan dinginkan.
  5. Taburkan topping sesuai selera pada permukaan donat. Gula halus dapat digunakan umumnya. Topping lain, seperti coklat dan selai dapat pula digunakan.

Ibu Rumah Tangga. Hobi Masak dan menjadi kontributor khusus soal makanan di Ensiklo.com Saya ada di https://plus.google.com/u/0/111268843397590937838

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>