Resep Mendol Tempe Khas Jawa Timur

By -

Tempe menjadi salah satu makanan khas Indonesia. Makanan berbahan dasar kedelai ini menjadi sumber utama protein nabati yang dapat diperoleh dengan mura dan mudah. Tempe menjadi salah satu pilihan bagi orang yang membutuhkan protein yang tidak bersumber dari hewan. Kacang-kacangan secara khas memiliki kandungan protein yang cukup baik.

Resep Mendol tempe sangat dikenal di beberapa daerah di Jawa Timur. Makanan ini sering diidentikkan dengan tempe bosok. Istilah tempe busuk bukan berarti tempe yang sudah tidak bisa diolah. Tempe yang dibiarkan selama dua hari akan mengeluarkan aroma khas. Aroma inilah yang dijadikan sebagai daya tarik dan kekhasan mendol.

Resep Mendol 

Bahan Dasar

  1. Sebungkus tempe yang sudah dibiarkan 2 hari
  2. minyak untuk menggoreng
  3. 1 butir telur

Bumbu Halus

  1. 1/2 sendok teh ketumbar
  2. 2 cm kencur
  3. 3 buah cabe rawit
  4. 3 buah bawang merah
  5. 2 siung bawang putih
  6. garam secukupnya,
  7. gula putih secukupnya
  8. 3 lembar daun jeruk

Cara Membuat Mendol Tempe

  1. Potong tempe menjadi kotak-kotak, lalu rendam dalam air.
  2. Haluskan bumbu-bumbu. Lalu masukkan tempe lalu ikut dihaluskan. Campur tempe sampai merata dengan bumbu.
  3. Bentuklah mendol dengan tangan. Buat ukuran mendol sesuai selera namun konsisten. Jemur mendol yang sudah dibentuk selama 10 menit.
  4. Panaskan minyak panas, lalu rendamlah mendol dalam telur kocok. Goreng dengan api kecil sampai kecokelatan. Sajikan dengan sambal.

 

Ibu Rumah Tangga. Hobi Masak dan menjadi kontributor khusus soal makanan di Ensiklo.com Saya ada di https://plus.google.com/u/0/111268843397590937838

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>