Resep Mie Ayam Spesial

By -

Mie ayam, seperti Bakso, menjadi salah satu makanan pengganti nasi yang cukup digemari. Mie Ayam menjadi salah satu makanan yang banyak ditemui di pinggiran jalan. Makanan ini cukup baik menggantikan nasi mengingat kandungan karbohidrat yang terkandung pada mie. Makanan ini identik dengan rasa gurih dan manis yang ditopang oleh kuah mie dan ayam.

Resep Mie ayam pada prinsipnya bisa diparakttekan di rumah. Masakan ini tidak terlalu rumit untuk dimasak di dapur sendiri. Hal ini tentu penting bagi orang yang menghindari jajan di pinggir jalan atau menghindari penyedap rasa. Mie ayam bisa dibuat di dapur sendiri untuk menjadi salah satu alternatif santapan pokok penyeling nasi sebagai makanan pokok umumnya.

Resep Mie Ayam 

Bahan Dasar Mie Ayam 

  1. 1 kg tepung terigu
  2. 250 gram tepung tapioka
  3. 1 butir telur
  4. air, secukupnya
  5. garam secukupnya

Bahan Kaldu Ayam

  1. Daun Seledri, secukupnya
  2. Daun bawang, secukupnya
  3. Tulang ayam
  4. Air secukupnya,
  5. bawang goreng

Bahan Tumisan Ayam 

  1. Seujung jari jahe
  2. 5 butir bawang merah
  3. 6 siung bawang putih
  4. 400 gram daging ayam
  5. 2 buah cabai merah
  6. lada bubuk, secukupnya
  7. vetsin atau penyedap (jika suka)
  8. garam, secukupnya
  9. kecap manis, secukupnya
  10. kecap asin, secukupnya
  11. minyak goreng

Bahan Minyak Mie Ayam 

  1. 500 ml minyak sayur
  2. 12 siung bawang putih
  3. lemak ayam (jika suka)
  4. garam, secukupnya
  5. jahe seujung jari atau sesuai selera

Campuran Mie Ayam 

  1. Pangsit goreng
  2. Sawi hijau

Cara Membuat Mie Ayam

  1. Mie perlu disiapkan pertama kali. Aduklah rata bahan dasar pembuatan mie. Aduk sampai pulen dan kalis. Lalu bentuklah mie dengan penggilingan mie. Jangan lupa, taburkan tepung untuk memisahkan mie dengan tumpukan lainnya saat menggiling mie agar tidak saling menempel.
  2. Buatlah kuah mie. Rebus tulang ayam sampai mendidih. Jika anda menggunakan ayam potong, rebuslah dua kali. Rebusan pertama dengan air lebih sedikit dan dibuang. Rebusan kedua digunakan sebagai kuah. Campurkan daun bawang dan daun seledri secukupnya. Lalu tambahkan pula bawang goreng.
  3. Buatlah minyak mie ayam. Gorenglah kulit ayam di api sedang. Gunakan api kecil selama memasak minyak ini. Campurkan bawang putih dan bumbu lainnya ke dalam minyak. Biarkan selama 10 menit lalu angkat. Buanglah sisa kulit ayam.
  4. Tumisan ayam dapat dibuat dengan cepat. Tumislah bawang merah dan bawang putih sampai harum. Masukkan cabai merah, jahe dan lada halus . Masukkan ayam ke dalam bumbu yang ditumis sampai kecokelatan dan jangan lupa campurkan garam. Campurkan kecap ke dalam bumbu. Masak sampai matang.
  5. Cara Penyajian. Rebuslah mie dengan air panas. Saat memasak, jangan lupa mencampurkan air dengan minyak agar mie tidak saling menempel. Tuangkan mie yang sudah direbus ke dalam mangkok, lalu siramkan tumisan ayam, taburkan daun bawang dan bawang goreng. Sirami dengan kuah kaldu. Beri pangsit dan sambal jika diinginkan.

 

Ibu Rumah Tangga. Hobi Masak dan menjadi kontributor khusus soal makanan di Ensiklo.com Saya ada di https://plus.google.com/u/0/111268843397590937838

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>