Resep Nasi Bakar Aroma Kemangi

By -

Resep Nasi Bakar adalah slaah satu jenis olahan nasi. Meski tidak seterkenal nasi uduk atau nasi kuning, tetapi nasi bakar patut dicoba untuk menghilangkan kejenuhan menikmati nasi dengan cara penyajian yang biasa. Nasi bakar pada prinsipnya adalah cara penyajian, yaitu menggabungkan nasi dan lauk pada bungkusan daun yang dibakar terlebih dahulu. Pembakaran nasi memunculkan sensasi rasa yang berbeda dengan penyajian nasi dan lauk secara biasa.

[Baca Juga: Resep Nasi Kuning]

Membuat nasi bakar pun tidak terlalu sulit. Nasi bakar pun tidak membutuhkan rempah yang bermacam seperti pada pembuatan nasi uduk atau nasi kuning. Salah satu yang perlu dipersiapkan adalah bumbu yang akan dilekatkan pada nasi. Pilihannya pun banyak, tidak semata ikan teri. Jamur, daging, ikan asin, bahkan daging dapat dijadikan paduan untuk jenis makanan ini.

[Baca Juga: Resep Nasi Uduk]

Resep Nasi Bakar

Bahan Dasar 

  1. Nasi yang sudah matang. Usahakan nasi yang digunakan sebagai bahan nasi bakar adalah nasi yang pulen dan tidak lembek.
  2. Daun pisang untuk membungkus
  3. Daun kemangi

Sambal Teri 

  1. 300 gram teri nasi atau teri palembang, cuci bersih
  2. 4 siung bawang putih
  3. 5 buah bawang merah
  4. 8 buah cabai merah, dihaluskan
  5. 3 buah cabai rawit, dihaluskan
  6. 1 buah tomat kecil
  7. Garam secukupnya
  8. gula aren secukupnya

Cara Membuat

  1. Masaklah sambal goreng teri. Cuci teri sampai bersih lalu goreng setengah matang. Tumis bawang putih, bawang merah, cabe dan tomat. Tambahkan garam dan gula, lalu masukkan teri yang sudah digoreng. Aduk sampai rata dan teri matang sempurna.
  2. Bungkuslah nasi dengan daun pisang, tak lupa letakkan sambal goreng teri secukupnya dalam bungkusan nasi. Tambahkan daun kemangi dan bawang goreng ke dalam bungkusan. Rapikan bungkusan agar tidak pecah saat dibakar.
  3. Bakarlah nasi bungkus dengan bara api selama beberapa menit sampai mengeluarkan  aroma wangi. Sajikan saat panas.

Ibu Rumah Tangga. Hobi Masak dan menjadi kontributor khusus soal makanan di Ensiklo.com Saya ada di https://plus.google.com/u/0/111268843397590937838

1 Comment to Resep Nasi Bakar Aroma Kemangi

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>