Resep Pepes Ikan Mas

By -

Resep Pepes Ikan Mas menjadi salah satu varian olahan ikan yang cukup terkenal. Indonesia kaya bahan baku makanan jenis ikan. Luasnya laut dan banyaknya sungai membuat Indonesia tercatat sebagai salah satu sumber ikan terbesar. Pepes ikan mas adalah cara menikmati ikan tanpa kehilangan sebagian besar rasa dan aroma ikan. Ini tentu berbeda dengan penyajian ikan dengan digoreng yang menghilangkan sebagian besar aroma dan rasa ikan.

Pepes ikan mas identik dengan masakan sunda. Makanan ini menyajikan ikan dengan lebih segar dibandingkan dengan digoreng. Orang Indonesia memang tidak terbiasa untuk memakan ikan mentah, tetapi pepes cukup baik untuk menjaga rasa ikan sebagai makanan.

[Baca Juga: Resep Nasi Bakar]

Resep Pepes Ikan Mas

Bahan Dasar 

  1. 2 ekor ikan mas berukuran sedang
  2. Jeruk nipis
  3. Daun pisang untuk membungkus, secukupnya
  4. 2 batang serai, digeprek
  5. 2 buah tomat hijau
  6. 6 buah cabai rawit merah
  7. 2 buah cabai hijau, diiris besar
  8. 4 lembar daun salam

Bumbu Halus

  1. 5 cm kunyit
  2. 10 butir kemiri
  3. 6 buah bawang merah
  4. 4 siung bawang putih
  5. 3 buah cabai merah
  6. Garam, secukupnya
  7. Gula pasir, secukupnya

Cara Memasak Pepes Ikan 

  1. Bersihkan ikan, lalu lumuri dengan perasan air jeruk nipis dan garam lalu tiriskan beberapa saat.
  2. Haluskan bahan bumbu halus. Giling agak kasar. Balurkan bumbu halus pada ikan dan juga masukkan bumbu ke dalam perut ikan.
  3. Bungkus dalam daun pisang. Masukkan daun salam, cabe rawit, irisan cabe hijau dan tomat, serai bersama bumbu halus. Bungkus rapat dengan daun pisang.
  4. Kukuslah dengan panas tetap sampai matang.

 

Ibu Rumah Tangga. Hobi Masak dan menjadi kontributor khusus soal makanan di Ensiklo.com Saya ada di https://plus.google.com/u/0/111268843397590937838

1 Comment to Resep Pepes Ikan Mas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>