Resep Sop Ayam

By -

Sop merupakan makanan khas dunia. Tidak semata di Indonesia, beberapa negara lain juga turut mengenal nama dan jenis makanan ini . Sop biasanya tersaji dengan rasa gurih dan segar. Makanan berkuah ini tidak saja identik dengan sayur, tetapi juga diidentikkan dengan daging. Sop kaki kambing, Sop daging sapi, sop ayam adalah beberapa jenis sop berdasarkan jenis daging yang digunakan. Sop mengacu pada keragaman bumbu dan asal daerah pun cukup beragam.

[Baca Juga:  Resep Sop Sayur Sederhana]

Resep Sop ayam cukup dikenal. Warung Sop ayam Pak Min adalah salah satu yang peling terkenal. Warung sop ini cukup dikenal mengingat cabangnya yang tersebar luas di pelbagai tempat. Sop Ayam segar juga bisa disajikan tanpa sayur. Berikut adalah resep sop ayam.

Resep Sop Ayam Segar 

Bahan Dasar

  1. 1 ekor ayam kampung, dibelah menjadi 4.
  2. 2 buah jeruk nipis, diperas
  3. 3 buah jeruk nipis (untuk campuran sop)
  4. 2 batang daun seledri, dirajang
  5. Bawang goreng
  6. 2 liter air untuk merebus

Bumbu Halus

  1. 1/2  Biji Pala
  2. 2,5 cm batang Kayu Manis
  3. 1,5 sendok Lada, 
  4. 3 siung bawang putih
  5. Garam, secukupnya
  6. Gula, secukupnya

Cara Memasak Sop Ayam 

  1. Potong ayam kampung menjadi 4 bagian. Lumuri dengan air garam dan perasan jeruk nipis, biarkan sejenak. Rebuslah ayam sampai matang. Jangan buang kuah rebusan, jadikan kuah tersebut menjadi kaldu atau kuah sop.
  2. Anda dapat melakukan cara lain untuk mengurangi lemak ayam. Rebuslah ayam selama 40 menit dengan air, lalu ganti air dengan air yang baru. Rebuslah kembali sampai ayam matang. Air rebusan kedua akan digunakan sebagai kaldu atau kuah.
  3. Masukkan bumbu ke dalam rebusan ayam. Tambahkan garam dan gula secukupnya dan sesuai selera. Setelah resap, angkatlah ayam dan tiriskan.
  4. Cara Menyajikan: potong-potonglah ayam menjadi beberapa potongan kecil. Letakkan di mangkok dan tuangkan kuah yang panas. Taburi dengan daun seledri dan bawang goreng. Sajikan.

Ibu Rumah Tangga. Hobi Masak dan menjadi kontributor khusus soal makanan di Ensiklo.com Saya ada di https://plus.google.com/u/0/111268843397590937838

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>