Resep Lele Mangut Yogyakarta

By -

Lele menjadi salah satu sumber protein yang mudah ditemukan. Ikan tawar ini tidak saja mudah ditemukan di pasar tradisional dan modern, tetapi juga tidak terlalu mahal harganya. Ikan jenis ini tergolong murah dibandingkan dengan beberapa jenis ikan lain, seperti tuna, tongkol atau bandeng. Meski demikian, lele tidak kalah dari segi komponen gizi.

Mangut lele adalah salah satu cara memasak ikan jenis ini. Resep Mangut lele pun sudah terkenal. Di Yogyakarta, warung Mangut Lele Mbah Marto adalah yang paling terkenal. Warung mangut lele ini pun tidaklah besar. Warung ini terdapat di bantul dan hanya disajikan di rumah. Meski disajikan di rumah, pengunjung warug makan ini cukup banyak.

Resep Mangut Lele 

Bahan Dasar Mangut Lele 

  1. 1 kg lele ukuran sedang, bersihkan dan tiriskan.
  2. 1 liter santan kental
  3. 1 buah jeruk nipis, peras ambil airnya

Bumbu Tumis Mangut Lele

  1. 3 butir bawang merah, diiris
  2. 3 siung bawang putih, diiris
  3. daun salam dan daun jeruk, secukupnya
  4. 5 Cabe hijau besar, iris serong tipis
  5. 3 cabe merah keriting, iris menyerong
  6. Lengkuas, secukupnya, digeprek
  7. Jahe, secukupnya, digeprek
  8. 2 batang serai, digreprek
  9. gula merah (pengganti penyedap)
  10. garam secukupnya

Bumbu Halus Mangut Lele

  1. 7 butir bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. Ketumbar, secukupnya
  4. 2 butir kemiri
  5. 3 Cabe buah merah besar
  6. 5 cabe rawit merah
  7. kencur, seujung jari (secukupnya).
  8. 3 ruas kunyit

Cara Memasak Mangut Lele

  1. Bersihkan lele, lalu rendam dengan garam dan air jeruk. Bakarlah lele di atas bara api, sampai setengah matang. Mangut lele Mbah Marto menggunakan pelepah kelapa untuk membakar (bukan bambu). Hal ini dinilai dapat menimbulkan aroma berbeda dibandingkan dengan penggunaan bambu. Jika tidak bisa membakar lele, maka cukuplah dengan menggoreng sampai setengah matang. Namun, ada perbedaan aroma antara lele yang dibakar dan digoreng.
  2. Panaskan minya goreng, lalu tumislah bumbu tumis. Mulailah dengan menumis bawang putih, bawang merah yang diikuti dengan cabe. Campurkan bumbu halus kedalam tumisan. Biarkan sampai wangi, lalu tambahkan serai, lengkuas dan jahe yang sudah digeprek. Campurkan juga daun salam dan daun jeruk. Beri sedikit santan, lalu aduk sampai merata.
  3. Masukkan lele yang sudah digoreng/dibakar ke dalam bumbu. Lalu aduk hingga merata. Tambahkan sisa santan, masaklah sampai lele matang. Campurkan garam dan gula merah/aren. Aduk dan biarkan sampai mendidih. Selama memasak, jagalah api dalam keadaan kecil agar tidak memecah santan.

Ibu Rumah Tangga. Hobi Masak dan menjadi kontributor khusus soal makanan di Ensiklo.com Saya ada di https://plus.google.com/u/0/111268843397590937838

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>