Resep Wedang Ronde Khas Yogyakarta

By -

Resep wedang ronde menjadi salah satu kekhasan Yogyakarta. Minuman ini dikenal sebagai minuman hangat yang identik dengan rasa dan aroma jahe. Pentol menjadi kekhasan lain. Meski terkesan sederhana, makanan ini dijajakan dengan rata-rata seharga Rp.5000,- di Jogja. Minuman ini masuk dalam beberapa deret kekhasan Jogja, selain Wedang Uwuh. Minuman ini sangat cocok dinikmati pada sore hingga malam hari.

[Baca juga: Resep Pisang Ijo]

Membuat wedang ronde tidaklah sukar. Bagian terumit dari memuat minuman ini adalah saat membuat “pentol” ronde yang menjadi ciri khas minuman ini. Selain itu, pembuatan minuman ini relatif mudah untuk dilakukan. Berikut adalah resep wedang ronde khas Yogyakarta:

Bahan Dasar Ronde:

  1. 150 gram tepung ketan
  2. 125 ml air panas
  3. 50 gram kacang tanah (dihaluskan)
  4. 700 ml air untuk merebus ronde
  5. garam secukupnya
  6. 75 gram gula pasir
  7. Pewarna makanan, secukupnya (jika dibutuhkan)

Bahan Kuah Ronde

  1. 450 gram jahe biasa (bukan jahe merah), dibakar lalu digeprek
  2. 175 gram gula aren, sisir halus agar mudah merata. Jika tidak suka dengan gula merah atau gula aren, bisa diganti dengan gula pasir.
  3.  4 lembar, secukupnya
  4. 4 batang serai, digeprek
  5. garam secukupnya
  6. 1500ml air
  7. 4 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya

Bahan Tambahan Wedang Ronde

  1. Kolang-kaling rebus, secukupnya
  2. Kacang tanah, disangrai
  3. Roti dipotong dadu, secukupnya

Cara Memasak Wedang Ronde

  1. Haluskan kacang tanah, campur dengan gula pasir. Kacang tanah akan digunakan sebagai isi ronde. Campurkan tepung ketan dengan air panas, lalu uleni sampai kalis. Jika anda suka dengan warna, maka tambahkan pewarna saat membuat adonan. Anda bisa menambahkan beberapa warna ke dalam adonan. Didihkan air. Bentuklah ronde yang diisi dengan kacang yang telah dihaluskan. Masukkan bulatan yang sudah dibentuk ke dalam air mendidih. Rendamlah ronde yang sudah jadi dalam larutan gula merah agar tidak saling menempel.
  2. Panaskan air, lalu masukkan jahe dan serai yang sudah digeprek. Campurkan gula merah/pasir, dan biarkan sampai mendidih.
  3. Cara penyajian: tuangkan ronde dalam mangkok, tambahkan bahan pelengkap ronde, lalu siramlah dengan kuah ronde panas. Enak disajikan selagi panas.

Ibu Rumah Tangga. Hobi Masak dan menjadi kontributor khusus soal makanan di Ensiklo.com Saya ada di https://plus.google.com/u/0/111268843397590937838

1 Comment to Resep Wedang Ronde Khas Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>