Resep Oseng-Oseng Belut

By -

Belut menjadi salah satu sumber protein yang cukup tinggi. Jenis ikan air tawar ini memgandung kadar protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan ikan air tawar lain yang sejenis. Belut pun tidak begitu sulit ditemukan di beberapa wilayah Indonesia, terutama perdesaan.

Tempat hidup belut memang berbeda dengan ikan pada umumnya. Belut dapat hidup dalam kondisi air sedikit dan di dalam tanah pinggiran genangan air, seperti kolam, sawah, rawa atau sungai. Belut memang tidak sepopuler ikan air tawar lain, seperti ikan mas (karper), nila dan bawal. Meski demikian, ikan ini laik dipertimbangkan menjadi salah satu bahan konsumsi.

Resep oseng-oseng belut menjadi salah satu cara mengolah ikan air tawar ini. Cara mengolah belut pada prinsipnya tidak berbeda dengan pengolahan ikan air tawar lainnya. Meski demikian, dengan tipikal tempat tinggal yang berada dalam tanah, kesalahan dalam pengolahan belut dapat menyebabkan aroma tanah masih tersisa saat belut disajikan di meja makan.

Bahan Baku Oseng-Oseng Belut

  1. 0,5 Kg belut ukuran besar
  2. 3 buah jeruk nipis, diperas ambil airnya
  3. garam, secukupnya
  4. kecap manis
  5. sawi putih, secukupnya,
  6. gula merah/aren, secukupnya sebagai pengganti penyedap

Bahan Bumbu Oseng Belut

  1. 6 siung bawang putih, iris besar
  2. 5 siung bawang merah, iris tipis
  3. 4 buah cabai hijau besar, diiris tipis
  4. 5 buah cabai merah keriting, iris tipis
  5. 1 Tomat besar, belah menjadi 4

Cara Memasak Oseng-oseng belut

  1. Bersihkan isi perut belut, lalu potog menjadi beberapa bagian. Lumuri belut dengan garam dan air perasan jeruk nipis. Gorenglah belut setengah matang.
  2. Tumislah bumbu-bumbu tumisan. Panaskan minyak secukupnya, masukkan bawang putih dan biarkan sampai harus. Tambahkan bawang merah, lalu cabai yang sudah diiris. Cukup tumis sampai layu, lalu masukkan tomat. Masukkan belut ke dalam bumbu tumisan. Lalu masukkan kecap dan sedikit air. Masaklah hingga belut matang dan bumbu resap. Sebelum diangkat,  masukkan sawi putih.

Ibu Rumah Tangga. Hobi Masak dan menjadi kontributor khusus soal makanan di Ensiklo.com Saya ada di https://plus.google.com/u/0/111268843397590937838

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>