Resep Pisang Ijo

By -

Pisang adalah salah satu jenis buah khas negeri tropis. Pisang berkembang subur dengan beragam jenis di wilayah-wilayah tropis. Di Indonesia, pisang menjadi salah satu jenis makanan yang digemari. Di beberapa wilayah, seperti Maluku, pisang menjadi sumber karbohidrat. Di Maluku nasi digantikan oleh jenis sumber karbohidrat lain, seperti Umbi-umbian dan pisang.

Aneka cara pengolahan pisang dikenal di Indonesia. Mulai dari yang paling sederhana dengan menggoreng pisang, sampai dengan beragam menu kue, minuman dan sayur yang berbahan baku pisang. Dengan jenis yang beragam dengan keunikan rasa pada masing-masing jenis, bisa dapat diolah menjadi beragam jenis makanan dan minuman pula.

[Baca Juga: Resep Wedang Ronde]

Resep Pisang Ijo dikenal berasal dari Sulawesi Selatan. Olahan pisang khas ini telah cukup dikenal sebagai minuman yang cocok pada beragam suasana. Di siang hari, olahan ini bisa dinikmati dalam keadaan dingin. Pisang Ijo juga dapat dinikmati sebagai sajian buka puasa pada bulan Ramadhan.

Bahan Baku Pisang Ijo

  1. 4 buah pisang raja, dikupas lalu dikukus
  2. garam, secukupnya
  3. air secukupnya
  4. 250 gram tepung beras
  5. Sirup Cocopandan
  6. 350 ml santan kental
  7. Pandan hijau, sebagai pewarna secukupnya
  8. Daun pisang secukupnya untuk membungkus
  9. Minyak goreng secukupnya,

Bahan Saus Pisang Ijo

  1. 150 gram tepung beras
  2. garam secukupnya,
  3. Pandang wangi, 2 lembar
  4. 100 gram gula pasir
  5. Santan cair, secukupnya

Cara Memasak Pisang Ijo

  1. Buatlah esense pandan dengan menumbuk pandan dan mencampurkan air, lalu peras. Campurkan esense pewarna tersebut dengan santan kental, tepung beras dan garam. Masaklah dengan api kecil sampai matang dan kental. Dinginkan.
  2.  Ambillah daun pisang, lalu olesi sedikit dengan minyak goreng. Tuangkan beberapa bagian adonan hijau lalu tambahkan pisang. Bungkus sampai pisang tertutupi dengan adonan. Kukus hingga matang.
  3. Masaklah semua bahan saus dengan api kecil. Lalu dinginkan.
  4. Potong-potong pisang Ijo yang sudah matang, lalu campurkan dengan saus. Tambahkan sirup Coccopandan ke dalam saus dan pisang yang telah dipotong. Beri serutan es di atasnya jika suka.

Ibu Rumah Tangga. Hobi Masak dan menjadi kontributor khusus soal makanan di Ensiklo.com Saya ada di https://plus.google.com/u/0/111268843397590937838

1 Comment to Resep Pisang Ijo

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>