Resep Sambal Belut

By -

Resep sambal belut menjadi salah satu pilihan cara pengolahan jenis ikan ini. Belut dikenal sebagai salah satu sumber protein yang tinggi. Ikan air tawar ini memang tergolong unik. Ikan ini tinggal di pereng-pereng genangan air, baik kolam, sawah atau sungai. Belum kini sudah bisa ditangkarkan meski dengan kapasitas terbatas.

Ikan yang sekilas mirip dengan binatang ular ini pun memiliki rasa yang gurih apabila disajikan secara tepat. Pada belut sawah, pengolahan harus dilakukan secara cermat agar tidak menyisakan rasa tanah pada belut hasil olahan. Berikut ini adalah resep sambal belut.

Bahan Sambal Belut

  1. 1 kg belut, dibersihkan.
  2. 3 buah jeruk nipis, peras
  3. minyak goreng untuk menggoreng belut dan bumbu sambal
  4. Garam, secukupnya
  5. Gula pasir, secukupnya

Bahan Sambal Belut

  1. 3 siung bawang putih
  2. 5 butir bawang merah
  3. 6 buah cabai rawit merah
  4. 1 ruas kencur
  5. daun jeruk dibuang tulang daunnya

Cara Membuat Sambal Belut

  1. Bersihkan belut, lalu rendam dalam air perasan jeruk nipis. Jika anda membeli belut liar, maka ada baiknya belut dibiarkan selama 2 hari tanpa tanah atau hanya diletakkan dalam genangan air (seperti dalam ember). Hal ini akan  mengurangi aroma tanah yang kerap masih menyertai belut.
  2. Gorenglah belut sampai matang, tapi tidak terlalu kering. Pisahkan tulang dan daging belut.
  3. Tumislah bawang merah, bawang putih, cabai rawit dalam keadaan utuh dengan minyak sedikit. Bakarlah kencur sampai mengeluarkan aroma.
  4. Haluskan bumbu yang telah ditumis, kencur dan daun jeruk. Tambakan garam dan gula pasir. Aduk sampai merata. Masukkan daging belut yang sudah dipisahkan dari tulangnya. Uleg kasar agar bumbu merata lalu sajikan.

 

Ibu Rumah Tangga. Hobi Masak dan menjadi kontributor khusus soal makanan di Ensiklo.com Saya ada di https://plus.google.com/u/0/111268843397590937838

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>