Resep Roti Canai (Roti Cane)

By -

Resep roti cane (canai) masih jarang terdengar di semua kalangan. Bagaimana pun, roti masih menjadi makanan pokok kedua setelah nasi. Di Indonesia, nasi masih menjadi pilihan utama makanan pokok, sehingga banyak jenis makanan lain yang tidak dikenal. Di Maluku, Nasi tidak terlalu dominan mengingat tradisi makan masyarakat yang lebih kerap memaksimalkan pisang dan umbi-umbian sebagai makanan pokok. Di Papua dan Maluku, umbi dan sagu pun masih menjadi makanan pokok yang favorit.

[Baca Juga: Resep Nasi Kuning dan Resep Nasi Briyani]

Roti Cane cukup dikenal di wilayah bergaris tradisi Melayu, seperti Aceh. Hal ini dengan mudah pula ditemukan di semenanjung Malaysia hingga ke Thailan selatan. Roti canai dapat dikonsumsi laiknya nasi sebagai makanan pokok yang disantap bersama dengan lauk dan sayur. Berikut ini adalah cara membuat roti Canai.

Cara Memasak Roti Canai

Bahan Roti Canai 

  • 175 gram tepung terigu
  • garam secukupnya,
  • 100 ml air
  • 150 gram margarin dicairkan

Cara Membuat Roti Canai 

  1. Aduk tepung terigu dan garam sampai merata. Campurkan air hangat sedikit demi sedikit sampai merata dan campurkan sebagian margarin cair. Uleni terus adonan sampai kalis. Bagilah adonan menjadi 4 atau 5 bagian lalu diamkan selama 45 menit di tempat yang ditutupi serber/kain basah.
  2. Pipihkan adonan, menjadi tipis berdiameter 6-10cm. Ratakan adonan dengan alat untuk menipiskan adonan. Oleskan margarin cair, lalu gulung adonan dari satu sisi ke sisi yang lain. Tipiskan kembali dan bentuklah adonan menjadi seperti sebelumnya dengan menggulug satu ujung ke ujung lainnya. Diamkan dalam tempat yang ditutupi dengan serbet/kain selama 10 menit.
  3. Panaskan wajan anti lengket dan berilah minya secukupnya. Goreng sambil menekan-nekan adonan roti sampai matang. Perbedaan roti canai dan maryam adalah pada bentuknya. Roti Maryam akan hanya berbentu bulat pipih.

 

Ilustrasi: G. Perters CC BY.

Ibu Rumah Tangga. Hobi Masak dan menjadi kontributor khusus soal makanan di Ensiklo.com Saya ada di https://plus.google.com/u/0/111268843397590937838

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>